SPONSOR

Berbagilah ilmu kepada orang lain, jangan takut kalau orang yang anda bagi ilmu itu menjadi lebih pandai, justru dengan membagi ilmu kepada orang lain maka ilmu anda akan bertambah

Sabtu, 03 Oktober 2009

Jawaban latihan 1 Buku Panduan Kuliah Pendidikan Lingkungan Sosial BUdaya dan Teknologi

Sub bab : Latar Belakang Buku Panduan Kuliah Pendidikan Lingkungan Sosial BUdaya dan Teknologi (PLSBT)

1. Jelaskan apa yang melatarbelakangi lahirnya mata kuliah PLSBT?

Lahirnya PLSBT dilatarbelakangi oleh kompleksnya masalah lingkungan, masalah sosial, masalah budaya, dan masalah yang ditimbulkan oleh efek ilmu dan teknologi. Sumber masalah tersebut bukan berasal dari faktor tunggal. Banyak dimensi dan aspek lain yang menyebabkan timulnya masalah tersebut. Masalah-masalah yang timbul tersebut telah banyak dibicarakan dan dibahas, tapi pemecahan ini secar parsial(sebagian) dan tidak utuh. Oleh karena itu lahir lah mata kuliah PLSBT, permasalahan lingkungan, sosial, budaya, dan teknologi tidak hanya didekati dari segi pencarian alternatif pemecahan permasalahnnya saja, tetapi juga dari segi pendidikan (pendidikan PLSBT) yang akan ditanamkan kepada mahasiswa. Dengan demikian PLSBT berfungsi untuk merekat dan melahirkan kebersamaan dalam hal memecahkan masalah-masalah dalam berbagi disiplin ilmu.

2. Jelaskan mengapa plsbt termasuk dalam rumpun mata kuliah umum ?

PLSBT termasuk dalam rumpun mata kuliah umum karena memiliki tujuan yang sama dengan mata kuliah umum yakni menitikberatkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa. Dengan kemampuan ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, sehingga mampu menunjukan sikap, tingkah laku dan tindakannya yang mencerminkan kepribadian indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, lingkungan, kemasyarakatan, dan kenegaran serta memiliki pandangan yg luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi masyarakat indonesia.

3. Berikan penjelasan yang lengkap kontribusi apa yang anda harapkan dari PLSBT terhadap lulusan jurusan anda masing2!

a. Dapat memahami ilmu-ilmu yang yang terspesialisasi dari waktu ke waktu
b. Memahami perkembangan masyarakat yang kompleks dan persoalan yang begitu rumit
c. Untuk mengatasi hal-hal yang terjadi di masyarakat
d. Memiliki bekal pengatahuan untuk menyadari kenyataan masalah sosial budaya
e. Memberi kesadaran bahwa masalah sosial budaya bersifat kompleks tidak dapat dipecahkan berdasarkan satu disiplin ilmu tertentu, melainkan harus dipecahkan secara interdisipliner (semua mata ilmu)

0 komentar: