SPONSOR

Berbagilah ilmu kepada orang lain, jangan takut kalau orang yang anda bagi ilmu itu menjadi lebih pandai, justru dengan membagi ilmu kepada orang lain maka ilmu anda akan bertambah

Sabtu, 23 Februari 2008

Pelaksanaan Proyek Pembangunan Gedung FPOK UPI

Pelaksanaan pada suatu proyek merupakan wujud nyata dari kegiatan-kegiatan sebelumnya, antara lain tahap perencanaan; tahap perekayasaan dan perancangan; tahap pengadaan; tahap pelaksanaan; tahap tes operasional; tahap pemanfaatan dan pemeliharaan. Oleh sebab itu dalam suatu kegiatan proyek konstruksi diperlukan adanya kerjasama yang baik diantara pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan konstruksi tersebut. Dengan adanya manajeman yang baik pada sebuah proyek konstruksi, dapat dipastikan bahwa hasilnya nanti akan baik pula, terutama di dalam me-manage orang-orang yang terlibat langsung dilapangan.

Untuk sistem pengadaan jasa konstruksi pada Proyek THE DEVELOPMENT AND UPGRADING OF INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION yang terdiri dari 11 dedung dimana didalamnya terdapat gedung FPOK, yaitu dengan cara Pelelangan Umum, dimana pada pelelangan ini dimenangkan oleh kontraktor PT. ADHI KARYA (PERSERO), TBk. Untuk pengadaan jasa konsultan perencana dan konsultan pengawas proyek ini, owner melalui Project Managenent Unit Unipersitas Pendidikan Indonesia (PMU UPI) menunjuk secara langsung, yaitu PT. YAIKA GEMA UTAMA sebagai konsultan perencana dan PT. BIRO INSINYUR EXAKTA ASOSIATION WITH PT. TRI CIPTAINDO SEMESTA sebagai konsultan pengawas.

Untuk sistem pendanaan proyek ini bersumber pada bantuan dari IDB LOAN IND, yang dilakukan secara bertahap berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Angsuran pembayaran dilakukan sesuai dengan prestasi pekerjaan yang telah dilaksanakan sekurang-kurangnya 10%. Pembayaran uang muka dilakukan setelah kedua belah pihak menandatangani surat perjanjian. Dan terakhir, apabila prestasi pekerjaan telah mencapai 100%. Maka jumlah angsuran/pembayaran yang dibayarkan sama dengan harga kontrak yang telah disepakati.

Waktu kerja pada Proyek Pembangunan Gedung FPOK dimulai dari jam 08.00-17.00 WIB dan waktu istirahat pada jam 12.00-13.00 WIB selama 7 hari kerja. Sistem pengupahan dalam proyek ini yaitu dengan sistem upah tenaga harian, upah ini diberikan secara harian dan pembayaran dilakukan seminggu sekali dan jumlah upah yang diberikan tergantung dari tingkat kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh pekerja. Sedangkan untuk pegawai tetap dalam hal ini karyawan dari kontraktor pelaksana dibayarkan setiap satu bulan sekali.

0 komentar: