SPONSOR

Berbagilah ilmu kepada orang lain, jangan takut kalau orang yang anda bagi ilmu itu menjadi lebih pandai, justru dengan membagi ilmu kepada orang lain maka ilmu anda akan bertambah
ss_blog_claim=88075c8098bd7cc62c30ae20969eb189

Rabu, 28 Mei 2008

Asal sampah (Refuse) dari kompleks perumahan

Ada kompleks perumahan yang berdiri sendiri, sehingga masalah pembuangan sampah harus diusahakan sendiri. Salah satu cara untuk pemecahan masalah sampah ialah dengan jalan membuat tungku pembakar sampah atau incinerator.

Tiap rumah menyediakan tempat samaph dan tiap pagi ada seorang petugas yang membawa sampah dengan gerobak ke tungku pembakar sampah dan petugas ini berkewajiban pula membakar samaph di tungku.

Kalau kompleks tersebut terdiri atas 200 rumah dan tiap rumah memberi uang jasa untuk petugas Rp. 200,-, maka sebulan terkumpul uang Rp. 40.000,-. Uang sebanyak ini dapat membiaya 2 orang petugas.

Biaya pembuatan tungku dan pembelian gerobak, dibebankan kepada proyek pendirian kompleks perumahan tersebut. Karena itu perencanaan biaya selain untuk rumah, listrik, air minum, fasilitas assainering. Juga ditambah untuk mendirikan sebuah tangki pembakar sampah dan alat-alat untuk pengankutan sampah.

0 komentar: