SPONSOR

Berbagilah ilmu kepada orang lain, jangan takut kalau orang yang anda bagi ilmu itu menjadi lebih pandai, justru dengan membagi ilmu kepada orang lain maka ilmu anda akan bertambah
ss_blog_claim=88075c8098bd7cc62c30ae20969eb189

Rabu, 28 Mei 2008

Pengelolaan Sampah

Yang dimaksud dengan pengolahan adalah sampah dikerjakan sedemikian hingga dapat dimanfaatkan, atau diproses sedemikian hingga tidak membahayakan atau mengganggu lagi. Agar sampah ini tidak membahayakan kesehatan manusia, maka perlu pengaturan pembungannya.

Dari sampah ini harus diperhatikan:
1. Penyimpanannya (Storage).
2. Pengumpulan (Collection).
3. Pembungan (Disposal).

Tiap rumah berkewajiban menyediakan sendiri tempat sampah yang ditempatkan di depan atau belakang rumah dekat jalan.
Tempat sampah ini dapat berupa bak yang dibuat dari pasangan batu bata dan dinding-dinding bak diplester. Dapat pula dari drum bekas.

Lebih baik dibuat dari drum bekas, karena pengosongan sampah mudah dengan jalan memiringkan drum. Yang penting ialah tempat sampah harus ditutup rapih agar lalat, ayam kucing, dan lain-lain binatang, tidak datang mengorek-ngorek sampah untuk mencari sisa-sisa makanan. Selain dari itu sampah dari kertas yang lebar dan bersih sebaiknya, dirobek-robeki menjadi potongan-potongan yang kecil atau dibakar. Isi tempat sampah tergantung dari banyknya penghuni dari suatu rumah dan berapa hari sekali sampah diangkut.

Kita dapat mengelola sampah dengan cara:
1. Dibuat pupuk.
2. Dibakar.
3. Sanytari Landfill.
4. Open dumping.

0 komentar: