SPONSOR

Berbagilah ilmu kepada orang lain, jangan takut kalau orang yang anda bagi ilmu itu menjadi lebih pandai, justru dengan membagi ilmu kepada orang lain maka ilmu anda akan bertambah

Rabu, 28 Mei 2008

Pembuatan Pupuk dari Sampah

Salah satu penyelesaian sampah dari kota yang banyak itu ialah sampah dijadiakan pupuk. Karena banyaknya sampah dan sampah terdiri atas bermacam-macam zat organik dan anorganik, maka diperlukan sebuah pabrik sendiri. Sebelum pabrik didirikan biasanya harus ditinjau dan diteleti dahulu, apakah pendirian tersebut menguntungkan atau tidak.

Pembuatan pupuk dari sampah cara skala kecil dapat dipergunakan konstruksi lobang. Agar diperoleh pupuk yang baik, perhatikan petunjuk-petunjuk di bawah ini:

1. Bahan sampah yang akan dijadiakan pupuk dapat dari sampah rumah tangga, daun-daun yang jatuh berguguran, kertas atau karton, kotoran ternak dan abu.

2. Jangan diikut sertakan bahan-bahan dari plastik, zat anorganik seperti kaleng, gelas potongan-potongan logam, batu dan lain-lain.

3. Sampah sebaiknya dipotong-potong hingga menjadi potongan-potongan yang semakin kecil semakin baik. Terutama kertas/karton dan sampah organik yang banyak serat-seratnya.

4. Daun-daun atau sisa-sisa sayuran yang masih basah atau atau segar sebaiknya dikeringkan dahulu. Dapat pula kalau sudah layu.
5. Untuk mempercepat proses jadi pupuk, dicampur dahulu dengan:
a. Sampah yang sudah (hampir) matang.
b. Kotoran ternak yang (hampir) matang.
c. Lumpur najis.
d. Tanah pertanian yang sudah matang.
e. Campuran dengan sampah dari tanaman jenis kacang-kacangan.

Perlu diketahui bahan-bahan pencampur tersebut tidak mutlak seluruhnya dipergunakan. Cukup salah satu saja atau beberapa bahan pencampur.

6. Dicampur dengan kapur. Untuk 1 lobang ¼ - ½ kg kapur. Setelah 35 hari sampah diaduk-aduk sambil dibasahi dengna kapur.

Dalam proses penguraian akan timbul panas sampai 70° C, tetapi bila sudah matang suhu akan turun menjadi sama dengan suhu sekelilingnya. Setelah 35-45 hari sampah sudah matang, tutup dibuka, tetapi berhati-hati, biarkan gas-gas keluar dahulu. Sampah yang sudah matang tidak panas, tidak berbau, berupa tanah gembur dan berwarna hitam kecoklat-coklatan. Setelah matang diambil dari lobang dan sebaiknya dijemur dan setelah kering siap didrop di ladang pertanian. Besarnya sel tergantung dari banyaknya sampah sekaligus yang kita masukkan. Setelah 35-45 hari sampah telah menjadi kompos. Sel Beccari dibuat lebih dari satu, tergantung dari keperluan.

0 komentar: